Obat Nyeri dan Migrain..

Oke guys kali ini gua akan ngebahas, berbagi info, mengenai bahasan Kesehatan sesuai basic keilmuan gua yg udah kuliah dibidang farmasi. Sebelum2 nya postingan gua mengenai dunia IT hehehe…😀

Kali ini gua mencoba memberikan info mengenai Obat Nyeri Kepala dan Migrain..kalau ada yg keliru mohon koreksinya ya guys..😉

sakitkepala
Kita mulai dari dasarnya dulu guys..😉
Nyeri kepala kerapkali merupakan suatu keluhan tambahan pada demam tinggi, seperti pada influenza/pilek. Nyeri ini biasanya tidak bertahan lama dan lenyap sendiri bila infeksi sembuh. (mungkin disini tubuh sudah mulai memperbaiki diri)..😀

Guys !., Kita harus waspada terhadap jenis-jenis nyeri kepala tertentu, misalnya nyeri yang disertai muntah-muntah
pikiran butek dan tengkuk kaku,, sehingga bagian dagu tidak bisa ditundukkan sampai ke dada. Gejala-gejala ini
menunjukkan kemungkinan adanya radang selaput otak (meningitis), yang terutama menghinggapi anak-anak kecil. Bila infeksi ini tidak segera diobati oleh dokter (misalnya dengan antibiotika), maka tak jarang bersifat fatal…😦

Mengenai Jenis-jenis Nyeri kepala, bagaimana nyeri kepala terjadi, dan sebagainya dapat dilihat di Sini.

Gua langsung ke bagian bagaimana swamedikasi (pengobatan yg dapat dilakukan sendiri oleh sipasien) mengobati nyeri kepala..

  1. Nyeri Kepala, ketegangan serta nyeri kepala pada salesma dan flu dapat dilawan secara efektif dengan menggunakan asetosal atau parasetamol, bila perlu diperkuat dengan minum kopi.. Jangan lupa sesuaikan pemakaian dosis asetosal atau parasetamol tersebut biasanya maskimal 1 kali pemakaian sehari pada Parasetamol dan asetosal secara oral pada orang dewasa ialah 4000 mg (Tjay, 2002).
  2. Kofein (terdapat pada kopi) memperkuat daya kerja kedua obat antinyeri tersebut.
  3. Obat lain yg dapat digunakan, misalnya asam mefenamat, metamizol (hati-hati dengan efek samping), dan propifenazon (hati-hati dengan efek samping).

Mengenai seluk beluk apa itu Migrain dapat dilihat di sini.
Yang kedua bagaimana swamedikasi migrain.
Serangan yang tidak begitu hebat seringkali dapat dihentikan secara efektif dengan kombinasi dari suatu obat antimual dan zat antinyeri, bila diminum sedini mungkin setelah timbulnya serangan.

  1. Minum tablet antimual O.W.A (Obat Wajib Apotek), yakni metoklopramida dengan efek meningkatkan gerakan-gerakan lambung, yang selama serangan sangat terhambat.
  2. Setengah Jam kemudian diminum 2 tablet asetosal atau 2 tablet parasetamol (gua anjurkan parasetamol), sesuaikan dosis agar tidak melebihi batas maksimal. Efek samping yang mungkin pada obat migrain ini ialah gelisah dan rasa kantuk. Dapat pula menimnulkan keluhan-keluhan lambung-usus dan gemetar, terutama pada anak kecil.
    Setelah minum obat-obat ini, penting agar penderita berbaring/istirahat. Penderita yang sudah mual dan tidak dapat minum obat tersebut melalui mulut, dapat menggunakannya secra rektal dalam bentuk suppositoria.

Perlu di ingat untuk pemakaian Obat disesuaikan dengan Dosis.
Tanya Apoteker untuk mempermudah penggunaan obat yang rasional.
.
😉

  1. Pertamaxxxxxx………. heeeee……… weh…. ahli Farmasi nich Mas … boleh dong sewaktu2 ada hal2 penting kita konsultasi ….. (ngarep…heeeee) kalau saya dari dulu malah jarang minum obat2an, kalau kena flu atau gejala2 flu, greges2 buru2 minum jamu spt Sido Muncul Air, Mancur bahkan sampai Jamu Gendongan and Jamu Rebusan dari akar2an kalo kata orang jawa Jamu Godogan ….. waaahhh tradisional and “ndeso” banget aku yaaaa….. habis minum obat2an dari apotek takut dosis tinggi and ketergantungan kira2 tepat gak yaaa … kebiasaan saya ini walaupun minumnya hanya kadang2 sih paling seminggu atau 2 minggu sekali.

    • ah… ga juga Mas…🙂
      kalo ahli Farmasi yg afdholnya nyelesein profesi Apoteker/farmasis (4 tahun kuliah difarmasi baru lanjut program 1 tahun profesi).
      nah kalo saya masih lulusan Sarjana Farmasi..,hee….

      tindakan Mas memang bagus, kadang2 orang kalo dah kena Flu bawaanya pengen langsung minum obat (padahal dengan istirahat yg cukup plus vitamin, insyaAllah sembuh), mungkin yg ga tahan dari mereka itu gejala Flunya…😉

      kalo minumnya sesuai ma dosis (takaran obat) yg diberikan, ga bakalan ketergantungan Mas… yakiin deh….😉

  2. Biasanya saya pakai untuk tidur. Soale lambung saya kurang bisa berkompromi terhadap beberapa jenis obat.

    • untuk obat Jenis apa aja Mas ??

      Tidur, terapi yg bagus…😉

  3. berkunjung

    • silahkan,…😛

  4. sedikit tambahan sahabat jangan terlalu banyak mikir yang berat-berat

    • siipp….
      saran yg bagus..
      thanks..😉

  5. satu faham kita sahabat, mari kita jayakan blog2 yang mengupas masalah kesehatan

    • Oke !!….
      Mari kita tingkatkan kesehatan Mayarakat Indonesia Menuju Indonesia Sehat 2010 melalui situs/web/forum/blog2🙂

        • Dangstars
        • October 11th, 2009

        Terimkasih paparannya sangat menambah untuk P3K di rumah..
        and saya biasa sediakan Pracetamol aja,buat jaga-jaga.Kalo untuk menahan nyeri sedia Antalgin ,btw kalo keseringan katanya ganggu ginjal ya…?
        And tambah lagi sobat ahli kesehatan ,setelah sobat sehat..
        Mantapps

      • asalkan sesuai ma dosis pemakaian Mas…😛
        thanks udah mampir..,
        tetep jaga selalu kesehatan dengan banyak olahraga…😉

    • kaneadventure
    • October 10th, 2009

    Nice info bos.
    sekalian mau mengantarkan Award persahabatan.
    diambil di rumah ya?…

    • sama-sama😉
      ah yang bener nih ??

      Menuju TKP

      • Wah bakal seru nih, ada penyewaan kendaraan nih kang

      • Maskudnya ???
        ora mupeng Mudeng nih… hehehe😀

      • awas kebnyakan mudeng bisa migrain

      • hehehee…..
        “di vaksin” aja…😛

  6. infonya telah saya catat…
    thanks ya…

    • terima kasih…😉
      salam kenal….

    • Dangstars
    • October 11th, 2009

    Salam kenal di kunjungan pertama ini,,,
    Terimakasih telah berbagi

    • sama-sama…😉

    • yusupman
    • October 11th, 2009

    Kebetulan nich lg migrain jg..uuh btp gk enak ya pny penyakit…denyut…denyuuuuut…

    • sudah berapa Lama Mas ??
      langkah awal., istirahat aja dulu mas., kalo ga mempan baru deh diobatin…
      mudah2n lekas sembuh ya…🙂

  7. Info bagus nih, sayangnya saya termasuk yg paling males ke dokter maupun minum obat tanpa resep dokter. Kecuali kalau bener2 drop.

    • waahh…. masnur tipe-tipe pemberontak nih😀

  8. Waaah.. aku kada ngerti😛 Memang lain pang mun sarjana ni😀

    • gayyyaaa😀
      situ kan Ahlinya pengobatan Migrain…😛

  9. bagaimana kabarmu kawan

    • alhamdulillah masih Bisa Online maen poker, mafiawars …😀

  10. informatif sekali bro, salam.

    • salam kenal juga …
      thanks…😉

  11. jadi, minum parasetamol dibarengi kopi, malah membuat efek yg lebih baik gitu ya Mas ?
    terima kasih utk infonya ya……….
    Salam.

    • Ya..
      karena didalam Kopi ada Zat yg namanya Koffein..😉
      itu memberikan efek sinergis pada paracetamol.,
      jadi kerja obat tersebut cepat..🙂

  12. cocock banget .. soalnya saya sering sakit kepala .. heeee

    • bnyak kerjaan ya Mbak jadi sakit kepala ?? hehe
      jgn lupa ma istirahatnya juga..😉

  13. woh, ahli farmasi toh, mantep, gan
    saya alhamdulillah gak pernah kena migrain,
    rata2 juga karena kebanyakan fikiran,
    saya sih jarang pake mikir hhehehe
    salam !

    • waah.. selamat ya ga pernah migrain…😉
      Pantesaaannn…. hiihihihi😀

      salam balik..

  14. nyeri dan migran..??

    wah untungnya masih dalam keadaan sehat,,

    migran ituh yg suka sakit kepala sebelah kan yah..??

    klu yg itu pernah… tp ga tau deh kepala gw pusing sebelah itu masuk ke gol. migran atau bukan

    • biasanya Migrain terjadi beberapa jam disertai perasaan senut senut yg hebat di bagian sebelah Kepala, trus perasaan mual..pkoknya ga enakin deh,,, hehe

      kalo mo lebih akurat, diagnosa ke dokter aja Om…😀
      tp saran gua mending istirahat aja dulu.., kale aja sembuh..😉

      thanks atas kunjungannya…🙂

  15. Salam kenal, Bung. Jadi mikir nih ama meningitis, pernah mengalami gejala2 yang ditulis di atas.

    • oh ya ?? :O
      waahh… segera periksa ke dokter aja Mas..😉

      salam kenal juga..

  16. Emmm…Nganuu..

    • Migrain ya ??😆

  17. saya termasuk orang yang menghindari meminum obat, artinya, saya akan minum obat dalam keadaan terpaksa, spt sakit parah dlsb.
    tapi kalo sakit biasa aja spt pilek, pusing, dll..
    saya coba istirahat aja..😉

    • tindakan Mas Orido memang bener….
      kalo istirahat sudah membaik., ngapain minum obat .. hehehe

      terima kasih atas kunjungannya…😉

    • Yep
    • October 13th, 2009

    Apakah parasetamol + kopi tidak membuat tambah pusing ? 🙂

    • selama beberapa dekade ini.., tidak menambah pusing., akan tetapi malah lebih baik menambah kerja paracetamol…
      karena didalam kopi terdapat koffein..,😉

  18. nyong. link-kan pank ke postinga ku yg “nyeri dan obatnya” hehe \^^/

    • gua Liat dulu..😛

  19. Maaf om baru bisa berkunjung, kemarin2 agak kurang sehat. dan secara kebetulan juga sakit saya kemarin berhubungan dengan postingan ini Yaitu aktifitas minum kopi. Saya baru tahu bahwa ngopi juga bisa membantu menghilangkan Nyeri Kepala, salesman dan flu. Terima kasih atas infonya Om…..

    • semoga cepet sembuh aja dah…..
      kebanyakan OL nih… hehehe😀

      • Iya nie kebanyakan OL mungkin,
        soalnya libur kuliahnya terlalu banyak sich, jadi kadang bingung mau ngapain, he…

  20. Thx infonya🙂

    • sama sama…. 😉

  21. ‘tanya apoteker untk mengetahui penggunaan obat yg rasional’ (wedeh, mantep dah!! setuju!).

    Kopi memang mengandung kafein yg dpt mempengaruhi kerja saraf dan kerjany sinergis dgn zat anti nyeri. Tapi menurut saya, lebih aman kalau minum obat dgn air putih saja lah. Jgn d kombinasikan dgn kopi. Apalagi kafein yg berlebihan ntu memperberat kerja ginjal.

    • ya ya ya.. sepakat…

      susah kalo Apoteker yg berbicara ini…. heee
      thanks atas masukannya😉

        • Harikuhariini
        • November 5th, 2009

        hahahahaa…
        kalo saia salah…mohon dikoreksi…
        kan sama2 belajar Pak…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s