Tangan Bionik Pertama

Ilmuwan di Inggris mengembangkan tangan bionik untuk membantu mengembalikan fungsi anggota badan para penderita cacat tangan.

Dengan tangan bionik ini, para pasien yang mengalami kerusaan pada tangan mereka akan bisa lagi menggenggam benda, memegang gelas, atau bahkan menulis. Tangan bionik seharga 35.000 hingga 45.000 euro tersebut dikontrol langsung oleh otak dan pemasangannya tidak memerlukan proses operasi.

Adalah Touch Bionics, perusahaan teknologi yang mengembangkan perangkat yang dinamakan ProDigits ini. Touch Bionic mengklaim bahwa mereka menjadi yang pertama di dunia menciptakan tangan bionik.

Marketing Director Touch Bionics Phil Newman menyebutkan, perangkat yang mereka ciptakan akan sangat membantu mereka yang kehilangan tangan setelah operasi amputasi, atau mereka yang telah mengalami cacat tangan sejak lahir.

“ProDigits menyediakan perangkat yang memiliki kemampuan menggenggam dan mencengkram serta mengembalikan fungsi anggota badan dan kemerdekaan para penderita cacat tangan,” kata Phil.

ProDigits dipasangkan pada bagian tangan pasien yang masih tersisa dan dapat dikontrol oleh sensor yang menempel pada kulit yang mengantarkan sinyal dari otak.

Salah satu pasien yang telah menggunakan perangkat ini adalah mantan pianist asal Spanyol Maria Antonia Iglesias yang harus kehilangan jarinya setelah amputasi akibat penyakit.

Sumber

waaahh… semakin maju saja teknologi sekarang ya..sekalian aja bikin kantong ajaib kayak doratemon…😆

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s