Obat Herbal Mu Tong Memicu Kanker Saluran Kemih ??

Peneliti Taiwan menemukan hubungan antara peningkatan konsumsi obat herbal Mu Tong asal China dengan tingginya kasus kanker saluran kemih. Produk herbal yang biasa dipakai untuk mengobati penyakit itu justru menimbulkan penyakit dan tidak aman dikonsumsi.

Produk herbal China yang banyak mengandung asam aristolochic atau dalam bahasa China dikenal sebagai Mu Tong biasa digunakan untuk mengobati hepatitis, infeksi saluran kemih, eksim dan lainnya. Namun studi terkini menyebutkan asam aristolochic justru menyebabkan kanker saluran kemih.

Peneliti mendapatkan fakta itu setelah menganalisis catatan kesehatan 4.9594 pasien yang memiliki penyakit kanker saluran kemih lalu membandingkannya dengan 174.701 orang lainnya tanpa penyakit itu.

Dalam Journal of the National Cancer Institute yang dipublikasikan oleh Oxford University Press, peneliti mengatakan bahwa mereka yang menderita kanker saluran kemih ternyata sering mengonsumsi obat herbal Mu Tong dari China. Mereka yang mengonsumsi Mu Tong memiliki risiko mengidap kanker saluran kemih yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak pernah mengonsumsi obat herbal tersebut. Disebutkan juga bahwa semakin tinggi dosis obat herbal yang dikonsumsi, semakin tinggi pula kasus kanker yang mungkin terjadi.

Studi yang dipimpin oleh Jung-Der Wang dari Institute of Occupational Medicine and Industrial Hygiene in National Taiwan University itu menunjukkan bahwa produk-produk herbal yang berbahan dasar asam aristolochic itu berbahaya dan sebaiknya dilarang penggunaannya.

Sumber

Sepertinya Perlu beralih Obat herbal nih..heemm….

  1. mengamankan PERTAMAXXXX
    hehehe
    good…
    teknologi dalam kesehatan terus berkembang.

  2. yeepp.. sepakat !

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s