Insomnia Kronis Pengaruhi Otak

Penelitian terbaru yang menggunakan pencitraan otak terbaru telah menemukan insomnia kronis menyebabkan kemampuan otak untuk membuat keputusan dan untuk beristirahat jadi berkurang. Penelitian ini dilakukan untuk membantu para penderita susah tidur.

“Temuan meramalkan bahwa penderita insomnia kronis mungkin kemampuan berkompromi untuk mengevaluasi nilai afektif stimulus akan berkurang. Itu juga berkonsekuensi untuk proses-proses kognitif lainnya, terutama pengambilan keputusan,” kata Ellemarijie Altena, penulis utama studi dari Netherlands Institute for Neuroscience.

Penelitian yang diterbitkan di Biological Psychiatry itu, merujuk bakal terjadi gangguan fisik dan kejiwaan. Bahkan mengubah densitas otak jika kronis insomnianya semakin parah. Ujung-ujungnya membuat Anda terserang banyak penyakit, yang bisa menyebabkan kematian.

Insomnia parah memang mengakibatkan banyak kerugian pada penderitanya. Agar itu tak terus terjadi, menurut para peneliti, sebaiknya secepatnya untuk melakukan penyembuhan dan perawatan, sehingga tak lagi insomnia. Untuk itu caranya terbilang tidak sulit. Mulailah dengan berolah raga teratur, hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur, tidurlah dalam lingkungan nyaman, kurangi mengkonsumsi minuman stimulan seperti teh, kopi, atau alkohol, Makan makanan ringan sedikit karbohidrat menjelang tidur dan susu hangat.

Kemudian mandi air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur, hentikan menonton teve, membaca buku sejam sebelum tidur, gunakanlah tempat tidur khusus untuk tidur, lakukan aktivitas relaksasi secara rutin, jernihkan pikiran, dan tidur serta bangun teratur setiap harinya.

Sumber

Waaah… harus mulai merubah kebiasaan nih…hmmm….

  1. katanya sih salah satu obat insomnia tuh berenang…sayangnya saya gak bisa berenang…makanya jam setengah tiga begini masih komen di posting orang…😀

      • idisuwardi
      • April 30th, 2010

      Beneran nih? saya coba dulu ah.

  2. Q bgt ne, srg mnm teh jd b’pngaruh insomnia…
    ssh bgt mw merem, jd srg pusing
    kya’ nya perlu sgra mrubah kebiasaan, mga2 g b’tmbh parah
    nice info, mmbantu skali🙂

  3. waaaaah, blognya kereeeeen abiiiis. ane suka bangetttt, pertama kali berkunjung langsung terpesona. boleh kan tukeran link?

    • idisuwardi
    • April 30th, 2010

    Pertama kali berkunjung nih..salam kenal😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s