Menstruasi Tanpa Nyeri

Beberapa hari sebelum menstruasi, sebagian wanita mengalami pre-menstruation syndromes (PMS). Selama hari-hari PMS, berbagai keluhan cukup mengganggu kenyamanan. Timbulnya jerawat, payudara nyeri dan membengkak, tubuh terasa menggemuk, pusing, atau mudah marah menimpa kaum hawa selama PMS. Penyebab timbulnya PMS tidak diketahui dengan pasti, tetapi acap kali dikaitkan dengan menurunnya level hormon estrogen dan progesteron beberapa hari sebelum datangnya menstruasi.

Selain pada PMS, keluhan juga dapat terjadi setelah menstruasi. Umumnya berupa nyeri atau kram di sekita perut bagian bawah yang dikenal dengan istilah dysmenorrheal. Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk meredakan gejala ini, sebagaimana disarankan Sallika NS, jurnalis lulusan FKG UI lewat bukunya Serba-Serbi Kesehatan Perempuan, yakni :

1. Kompreslah perut bagian bawah yang nyeri atau kram dengan botol atau handuk panas (tentunya yang sudah diperas airnya) sambil duduk atau berbaring.

2. Minum obat pereda nyeri dapat membantu mengurangi gejala nyeri akibat menstruasi. Obat-obatan yang tergolong antiperadangan non-steroid (NSAID) seperti aspirin atau ibuprofen dapat bekerja sebagai antiprostaglandin yang dapat meredakan nyeri.

3. Kurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda yang dapat langsung berpengaruh pada sistem saraf dan memperparah gejala PMS.

4. Olahraga teratur dan memperbanyak aktivitas fisik dapat membantu mengatasi gejala pre-menstrual dan keluhan ketika menstruasi datang. Lakukan olahraga seperti jalan pagi atau bersepeda beberapa kali dalam sepekan secara teratur untuk mengurangi nyeri.

5. Gerakan relaksasi yoga tertentu dapat mengurangi nyeri ketika menstruasi, salah satunya pose anak. Tekniknya, duduklah di lantai dengan posisi menindih kedua kaki yang terjulur ke belakang. Setelah itu, tundukkan dan dekatkan tubuh serta kepala ke lantai sambil menarik napas dalam secara teratur. Tetaplah dalam posisi itu selama dan senyaman mungkin.

sumber

    • syarif
    • October 14th, 2010

    wah lama tak menulis blog
    tapi kenapa masih di wordpress..
    mana yang iyong.com ?

    • ini khusus info seputar kesehatan, nah kalo yg di http://iyoong.com untuk menelaah atau isi pikiran dari aku heee😀
      thanks sdah mampir🙂

  1. (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    saya belum pernah mens😳
    kabuuuuurrrr…..!!!!

    • Pertamax sudah di amankan😀

      kalo anda mens, berarti ?? *shock

  1. October 14th, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s