Pijat Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa pijat menghasilkan perubahan terukur pada sistem kekebalan tubuh. Sesi pijat menenangkan tubuh, meredakan kecemasan Anda, dan bahkan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Sebuah penelitian baru—didanai National Center for Complimentary and Alternative Medicine—menemukan bahwa pijat juga dapat membantu Anda jauh dari penyakit. Pada studi yang diterbitkan dalam edisi terbaru Journal of Complimentary and Alternative Medicine tersebut, para peneliti merekrut 53 orang dewasa sehat berusia antara 18-45 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menerima sesi pijat tradisional Swedia oleh terapis pijat bersertifikat dan kelompok kedua menerima sesi sentuhan ringan tanpa teknik pemijatan sebenarnya. Setiap peserta diberi Intravenous therapy (IV) yang dimasukkan ke satu lengan selama durasi pijat dan beberapa jam setelahnya, kemudian darah diambil dari berbagai interval untuk mengukur kadar hormon dan sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti telah bekerja di bawah teori bahwa pijat meningkatkan oksitosin tubuh, atau “hormon cinta,” yang dengan sendirinya membantu mengatur kadar hormon yang terkait dengan stres. Namun, mereka menemukan bahwa hal tersebut tidak terjadi. Sebab, orang yang menerima “sentuhan ringan” (kelompok kedua) benar-benar mengalami peningkatan oksitosin lebih tinggi daripada penerima pijat (kelompok pertama). Namun, tidak seperti kelompok sentuhan ringan, penerima pijat mengalami penurunan signifikan pada hormon stres dan peningkatan produksi berbagai sel tubuh yang meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh.

Manfaat pijatan

Pijatan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu Anda lebih baik dalam mengatasi stres, bahkan jika Anda tidak sakit atau stres. “Saya sangat tertarik dengan temuan kami,” kata Mark Hyman Rapaport, MD, profesor dan ketua departemen psikiatri dan ilmu saraf perilaku di Cedars-Sinai Medical Center. “Saya selalu bertanya-tanya, apa fungsi pijatan hingga begitu banyak orang mengaku merasa lebih baik setelah melakukannya? Kami menemukan bahwa perubahan biologis memang terjadi sebagai akibat dari bahkan satu sesi pijat, dan bahwa perubahan ini juga bermanfaat bagi individu yang sehat.”

Rutin pijat baik untuk tubuh dan pikiran. Berikut tip agar pijat memberi manfaat kesehatan:

Cari terapis bersertifikat

Penerima pijat dalam penelitian ini menerima treatment dari terapis bersertifikat untuk memastikan konsistensi dan kualitas tinggi. Untuk mendapatkan yang sama, Anda sebaiknya pijat pada seorang terapis bersertifikat.

Pijatan tangan sendiri

Meskipun seluruh tubuh yang dipijat menghasilkan perubahan biologis seperti terlihat dalam studi ini, penelitian lainnya telah menemukan bahwa pijat tangan sederhana selama lima menit juga mampu menurunkan tingkat stres.

Rasakan cinta dengan cara lain

Dr Rapaport mencatat bahwa tidak terlihat peningkatan yang signifikan pada tingkat oksitosin penerima pijatan lengkap, tetapi orang-orang dalam kelompok penerima pijatan ringan.

Ada banyak cara sederhana lain yang dapat meningkatkan kadar oksitosin tubuh Anda, meski bukan pijatan, seperti menggenggam tangan, membelai hewan, dan mendengarkan musik menenangkan.

sumber

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Kebetulan lagi butuh pijet banget, ki… Bisa jadi bahan obrolan yang disukai tukang pijet saya nanti. Siapa tahu saking senengnya lantas diberi pijet gratis

    • Iyaa, asal jangan bablas aja.. *Loh😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s