Delapan Tipe Virus Pemicu Kanker Serviks

Para ilmuwan berhasil mengidentifikasikan delapan tipe virus HPV (human papiloma virus) yang menjadi penyebab lebih dari 90 persen dari kanker serviks (leher rahim) di seluruh dunia. Identifikasi terhadap delapan virus ini akan membuka jalan bagi pengembangan vaksin pencegah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita perempuan di dunia dan diperkirakan menewaskan 328.000 orang pada 2010.

Dalam riset berskala besar selama 60 tahun dengan mengkaji 10.575 kasus kanker leher rahim di 38 negara, kelompok ilmuwan yang dipimpin Silvia de Sanjose dari Institut Onkologi Catalan di Barcelona menganalisa berbagai tipe HPV yang paling sering memicu kanker serviks. Hasil kajiannya, yang dipublikasikan jurnal kesehatan The Lancet, menunjukkan bahwa delapan tipe HPV yakni tipe 16, 18, 45, 33, 31, 52, 58, dan 35 (diurutkan berdasarkan tipe yang paling berpengaruh)  ’bertanggung jawab’ terhadap lebih dari 90 persen kasus kanker serviks.

Sejauh ini, dua perusahaan besar yakni GlaxoSmithKline (GSK) dan Merck&Co telah menciptakan vaksin HPV. Vaksin Cervarix buatan GSK dan Gardasil keluaran Merck mampu mencegah HPV tipe 16 dan 18, dan melalui proteksi silang juga dapat melindungi terhadap tipe 31 dan 45.

Banyak negara kaya memulai program imunisasi HPV dengan menyuntik perempuan sebelum mencapai usia puber, tetapi vaksin tersebut secara umum masih mahal dan belum dapat diakses wanita di negara-negara miskin. Sanjose mengatakan, hasil temuan ini menegaskan alasan betapa pentingnya pencegahan kanker leher rahim melalui vaksin yang ada saat ini dan membantu pengembangan vaksin generasi kedua melawan berbagai tipe HPV lainnya.

Sekitar 80 persen kasus kanker leher serviks saat ini terjadi di negara berkembang dan penyakit tersebut disebabkan virus yang menular lewat perilaku seks berisiko tinggi. Dari 118 tipe HPV yang teridentifikasi para ilmuwan, sekitar 40 tipe menginfeksi alat kelamin dan 12 tipe lainnya yang diketahui menyebabkan kanker. Dalam kajian terhadap kasus-kasus kanker di Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan bagian tengah, Afrika, Asia , dan Oseania tersebut, para peneliti juga telah mengidentifikasi beberapa HPV tipe langka seperti  tipe 26, 30, 61, 67, 69, 82, dan 91 yang juga akan menyebabkan kanker leher rahim, tetapi hanya menyebabkan sekitar satu persen dari semua kasus yang ada.

 

sumber

  1. Bagus banget tulisannya. Jadi tahu nih.

    • Sebarkan ilmu walau satu ayat..🙂

  2. Makasih atas infonya.
    Salam kenal aja.

    • salam kenal juga🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s