Archive for the ‘ Farmakologi ’ Category

Obat Nyeri dan Migrain..

Oke guys kali ini gua akan ngebahas, berbagi info, mengenai bahasan Kesehatan sesuai basic keilmuan gua yg udah kuliah dibidang farmasi. Sebelum2 nya postingan gua mengenai dunia IT hehehe… 😀

Kali ini gua mencoba memberikan info mengenai Obat Nyeri Kepala dan Migrain..kalau ada yg keliru mohon koreksinya ya guys.. 😉

sakitkepala
Kita mulai dari dasarnya dulu guys.. 😉
Nyeri kepala kerapkali merupakan suatu keluhan tambahan pada demam tinggi, seperti pada influenza/pilek. Nyeri ini biasanya tidak bertahan lama dan lenyap sendiri bila infeksi sembuh. (mungkin disini tubuh sudah mulai memperbaiki diri).. 😀

Guys !., Kita harus waspada terhadap jenis-jenis nyeri kepala tertentu, misalnya nyeri yang disertai muntah-muntah
pikiran butek dan tengkuk kaku,, sehingga bagian dagu tidak bisa ditundukkan sampai ke dada. Gejala-gejala ini
menunjukkan kemungkinan adanya radang selaput otak (meningitis), yang terutama menghinggapi anak-anak kecil. Bila infeksi ini tidak segera diobati oleh dokter (misalnya dengan antibiotika), maka tak jarang bersifat fatal… 😦

Mengenai Jenis-jenis Nyeri kepala, bagaimana nyeri kepala terjadi, dan sebagainya dapat dilihat di Sini.

Gua langsung ke bagian bagaimana swamedikasi (pengobatan yg dapat dilakukan sendiri oleh sipasien) mengobati nyeri kepala..

  1. Nyeri Kepala, ketegangan serta nyeri kepala pada salesma dan flu dapat dilawan secara efektif dengan menggunakan asetosal atau parasetamol, bila perlu diperkuat dengan minum kopi.. Jangan lupa sesuaikan pemakaian dosis asetosal atau parasetamol tersebut biasanya maskimal 1 kali pemakaian sehari pada Parasetamol dan asetosal secara oral pada orang dewasa ialah 4000 mg (Tjay, 2002).
  2. Kofein (terdapat pada kopi) memperkuat daya kerja kedua obat antinyeri tersebut.
  3. Obat lain yg dapat digunakan, misalnya asam mefenamat, metamizol (hati-hati dengan efek samping), dan propifenazon (hati-hati dengan efek samping).

Mengenai seluk beluk apa itu Migrain dapat dilihat di sini.
Yang kedua bagaimana swamedikasi migrain.
Serangan yang tidak begitu hebat seringkali dapat dihentikan secara efektif dengan kombinasi dari suatu obat antimual dan zat antinyeri, bila diminum sedini mungkin setelah timbulnya serangan.

  1. Minum tablet antimual O.W.A (Obat Wajib Apotek), yakni metoklopramida dengan efek meningkatkan gerakan-gerakan lambung, yang selama serangan sangat terhambat.
  2. Setengah Jam kemudian diminum 2 tablet asetosal atau 2 tablet parasetamol (gua anjurkan parasetamol), sesuaikan dosis agar tidak melebihi batas maksimal. Efek samping yang mungkin pada obat migrain ini ialah gelisah dan rasa kantuk. Dapat pula menimnulkan keluhan-keluhan lambung-usus dan gemetar, terutama pada anak kecil.
    Setelah minum obat-obat ini, penting agar penderita berbaring/istirahat. Penderita yang sudah mual dan tidak dapat minum obat tersebut melalui mulut, dapat menggunakannya secra rektal dalam bentuk suppositoria.

Perlu di ingat untuk pemakaian Obat disesuaikan dengan Dosis.
Tanya Apoteker untuk mempermudah penggunaan obat yang rasional.
.
😉

Advertisements

NgoBatin Nyeri TengGoroKan ??

Setelah beberapa hari gua terkapar di tempat peristirahatan (bukan kuburan lo ya 😀 ) dikarenakan penyakit yg tepat gua posting kemaren, Flu..akhirnya gua bisa nulis coretan kecil di blog gua ini lagi..hmmm thanks God ! 🙂

oke Guys !! kali ini gua mencoba ngasih info “Bagaimana Mengobati nyeri tenggorok”..

Lazimnya pada flu, mukosa tenggorok juga meradang dan membengkak. rasanya kering dan nyeri bila menelan., dan juga tampak kemerah-merahan..yeaahh gua barusan ngalamin, ga enak bangetsz !. disamping infeksi oleh virus tidak menutup kemungkinan terjadi juga infeksi kedua dengan bakteri di daerah tenggorokan. kebanyakan penyebabnya adalah salah satu dari banyak kuman yg selalu tinggal di dlm mulut kita guys..yg mendadak menjadi ganas karena keadaan lingkungan yg menguntungkan baginya. Supra infeksi demikian biasanya diiringi dengan demam agak tinggi.

Antiseptika.
Guna meringankan nteri tenggorok yg meradang, salah satunya dapat kita gunakan tablet hisap dan obat kumur. Obat2 ini biasanya mengandung suatu zat antiseptik yang berkhasiat mematikan bakteri atau sekurang2nya menghambat perkembangannya.

Tablet Hisap. yang banyak digunakan adalah zat dengan daya bakterisid kuat seperti dequaline. tablet kombinasi dari 2 antiseptika yg berbentuk gula2 adalah Floxil. Guna mempertahankan konsentrasi obat di tenggorok yg cukup tinggi, obat2 ini perlu dihisap setiap jam 1 tablet…hummm….

Obat Kumur. biasanya se yg mengandung zat bakterisid (yang mematikan bakteri), seperti povidon-iod (Betadine, Septadine)..ada juga ne yg mengandung larutan Klorheksidin 0,2%. penggunaan obat kumur ini setiap 1-2 jam selama 2-3 menit, lalu dikeluarkan… jangan ditelan ya Guys !! hee 😀

Naaah cukup itu aja deh yg gua posting untuk saat ini….
ntar lanjut lagi….
kalo mau tau lebih detail., TANYA APOTEKER !! 🙂

NgoBatin Salesma N InfLuenZa …

postingan ini lanjutan yg kemaren guys..,kalo kemaren kita ngebahas mengenai perbedaan antara salesma dengan influenza, sekarang kita bakalan ngebahas mengenai cara mengatasinya/mengobati salesma n infuenza., 😉

pada umumnya gangguan2 yg disebabkan oleh salesma N influenza bisa sembuh sendirinya dlam waktu 4-6 hari., intinya ialah kita harus istirahat mutlak., yeaa kurang lebih 5 hari.,jangan keluar rumah, banyak minum air putih, hindari hawa dingin, kalo bisa se jangan mpe kemasukan angin. hanya dengan istirahat seperti itu tubuh dapat memiliki kesempatan untuk memperkuat sistem pertahanannya dan menghalau semua virus penyerbu.

Akan tetapi, seringkali keharusan istirahat tersebut tidak dapat dipenuhi berhubung kesibukan sehari-hari, misalnya ada yg lagi ngantor, skul, n bla bla bla 😀 . biasanya orang yg ngalamin salesma ato flu meneruskan aktivitasnya dengan bantuan obat peredam nyeri, sirup batuk. kibatnya
tubuh tidak sempat membina daya tangkisnya. karena itu flu dapat bertahan berminggu2 lamanya, sedangkan si pasien menjadi lebih peka terhadap infeksi baru oleh bakteri dengan akibat buruk seperti misalnya
radang paru2.

Bagaimana Mengobati Sendiri Gejalanya ??

ada catatan penting ni guys,..
bila keluhan2 terutama demam tinggi diatas 39-40 derajat Celsius, bertahan lebih lama dari 3-4 hari, sebaiknya jgn meneruskan pengobatan sendiri tetapi segera konsultasi ke Dokter (biar si dokter mendiagnosa nya 😉 ).

vitamin C, yeahh dengan memasukkan vitamin C ke dalam tubuh akan memperbaiki sistem perthanan tubuh itu sendiri. biasanya se dosis 1000 mg perhari… kalo dosis lebih tinggi ( lbh besar 1000 mg perhari., kasian tu ginjal ma hati 🙂 ).

hidung mampat dan pilek. Dengan penghirupan uap panas, suatu cara yg sederhana tetapi efektif untuk meringankan hidung mampat dan peradangan rongga dahi adalah menghirup uap air panas 2-3 kali sehari. caranya dapat dengan menuangkan 1,5 liter air mendidih kedalam sebuah bejana, lalu muka ditundukkan 15 cm diatas air dan kepala serta bejana diselubungi dengan sehelai handuk. kemudian uap disedot. be carefull guys… muka lo jgn mpe kebakar hee 😀 .

naah kali ini cukup sekian yaa….
next time we continued again…. 😉

Beda SaLeSma DenGan InflueNza ??

Akhir akhir ini banyak gua denger masyarakat kita terserang penyakit, ada yg kena influenza (Flu), batuk,…hummm,… mengapa ya ?? mungkin udah hukum alam.,setiap yang mempunyai jiwa pasti terkena sakit ( loh ?? ga nyambung ya ?? yang ada mah., setiap yang mempunyai jiwa pasti akan mati., itu yg bener hee ). dikalangan masyrakat awam ada yg bilang salesma itu influenza, nah Lo ??. sebenernya se itu beda, jgn salah artikan coy… 🙂

oke guys…
kali ini gua akan sedikit mencoret-coret blog gua dengan bahasan “beda ya salesma dengan influenza ??”

dari ilmu yang gua pelajari semenjak 4 taon yg lalu (baru-baru aja se 😀 ) di bangku kuliah.,salesma
dengan influenza memiliki perbedaan., menurut gua perbedaan itu terletak pada gejala yang ditimbulkan.. hemmm…

ni gua punya sedikit catatan kuliah gua mengenai bahasan kali ini (ternyata gua masih nyimpan ya ???., ya iyalah kan rajin ke ruang baca, waktu semester2 awal sih hee..)

salesma juga disebut “common cold”, merupakan iritasi atau peradangan dari selaput lendir hidung akibat “masuk angin” atau juga infeksi dai virus/bakteri. selaput lendir yang meradang memproduksi lebih banyak lendir dan mengembang, sehingga hidung menjadi tersumbat dan pernafasan jadi sulit., akibat nya ni ya guys, si penderita salesma mulai kena pilek berat, mata mengeluarkan banyak air, kepala merasa mampat, sedikit ada demam ringan. lendir ini ya guys, bisa menyebabkan batuk dan bersin.

naah itu tadi sedikit uraian apa itu salesma.,
lanjuuut ke Influenza….!!

Influenza, memperlihatkan gejala2 tersebut, TETAPI pada umumnya bersifat lebih berat..humm.. Virus yg cenderung sangat menular cenderung menyerang saluran pernafasan dan dapat menimbulkan radang bronki (bronkitis) dan radang paru2. Ciri infeksi ini ya guys, demam yang tinggi, nyeri otot dan persendian dengan rasa letih, terkadang mengenai bagian kepala dan tenggorokan, suara jadi serak, hilang nafsu makan. ada juga yg mengatakan bahwa terdapat juga gejala nyeri pada telinga, mual, muntah, dan diare… :O.

sudah mengerti kan perbedaanNya dimana ??? 😉

PeNgamBiLan Darah LewAt VeNa Mata

Uhuk…uhuk…tak terasa sudah mendekati seminar Hasil untuk penElitianku yg lumayan Menjengkelkan, Mengharukan, Merisaukan hati, Membuat kepedihan dihati, dan membuat ku lebih bisa menghargai iLmu huekkksss……….LEBBAAAAIIII pisan euy..!! :D.

okeyyyy guys !!……;)

Kali ini gua bakal berbagi ilmu mengenai AmbiL darah suatu hewAn Uji (dalam Hal ini kita gunakan Tikus galur Wistar !!). Konon Wistar adalah nama yang me-legendaris, dilihat dari penggalan nama Wi dan Star…. Wi dari bahasa saya sendiri yg artinya Hidup, dan Star dari bahasa wong Londo artinnya Pujaan/bintang. so Wistar bisa diartikan menggunakan translator XP menjadi pujaan Hidup !!. huaaaaa Becanda bro….!!

okeeyy next…!! 😉

Hmmm… sampe mana ya tadi ??/. oh iya sampe di pengambilan darah….
Awalnya ilmu ini ditularkan oleh dosen gua yang bernama Pak Sy***** (tiiiiittt-red). Hari demi saya mencoba untuk mengambil darah dibagian vena mata teersebut, sampe tikus itu bilang “hey Yoesz are U crazy ???, U must go to heLL !!“..yang namanya dua makhluk berbeda..yaa gua ga denger..tapi ko bisa nulis disini ??? aneh !!.. 😀 .
Tanpa basa basi gua langsung ambil peralatan buat ambil tu darah.. simpel aja, cuma tabung but pipa kapiler mikrohematokrit dengan panjang kira-kira 8 cm diameter ga nyampe o,1 cm..

Naaahhh…..ni gua kasih urutan or tips buat ambil tu darah lewat Mata hewan Uji Wistarrrr !!:

1. awali dengan membaca Zampi-Zampi hee..kalo agama gua ngajarin baca Basmallah..
2. biasakan memakai Jas Lab !! supaya apa ??? ya supaya baju didalem lu ga kecipratan darah…
3. si hewan uji jangan ampe stress..
4. pegang hewan uji dengan menggunakan insting perempuan (perasaan-red).
5. bersihkan terlebih dahulu dengan kapas/tisu pada bagian kelopak mata si hewan uji.
6. tancapkan secara perlahan-lahan mikrohematokrit tersebut kedalam kelopak bagian dalam, sampai      terasa ada terdapat bagian seperti rongga, sehingga masuk dan merobek pembuluh vena tersebut.      usahakan dengan cara yang sabar..karena untuk pemula memang sulit, tapi kalo udah mahir     hummm….kamu bakalan diincer cewek-cewek ato bahkan cowok-cowok. :D..Sudah Terbukti !!. 😉      butuh > 20 ekor hewan uji untuk mendapat gelar expert dalam misi pengambilan darah tersebut..
7. jika darah sudah mulai mengalir ke tabung mikrohematokrit tersebut, tampung dalam wadah (biasanya digunakan ephendrof).
8. siap dilanjutkan untuk uji selanjutnya. ;).

ambil darah lewat mata

Terkadang ada hewan uji yang sangat rewel abieszz. misalnya saja nih tikus Jantan Wistar pada penelitian saya, perlakuan untuk mengambil darah butuh konsentrasi yang kuat, do not speak !!, do not move !!, do not think facebook, do not think plurk, do not think twitter and everythings…;)

MenGenaL FarMaKoLoGi…

okeyhh……ni posTing khusus buat kamu elo-elo yg suka ma Bidang uji dengan Hewan CoBa, manusia juga bisa hee … Yeaahhh…that’s FARMAKOLOGI 🙂

Farmakologi merupaKan suatu bidang dalam iLmu farmasi yang mampu memberikan kompetensi bagi mereka yang mengetahui iLmu tersebut, sehingga lebih sering diaplikasikan pada hewan Coba, kemudian naik Level ke tingkat yang lebih Elit sampai dengan tingkat human..:). dalam bidang ini banyak akan materi yang tersirat dari sebuah kata Farmakologi 🙂

okeyyyhhh Bro…..langsung aja gua lanjutinn !!!…:D

Dahulu ilmu Farmakologi, mencakup pengetahuan tentang sejarah obat, sumber obat, sifat kimia dan fisik obat, komposisi obat, efek fisiologis dan biokimia obat, mekanisme kerja obat, absorpsi, distribusi obat, biotransformasi, ekskresi dan penggunaan obat. Tapi di jaman yg Edan makin mengGila, sekarang farmakologi berkembang menjadi pengetahuan dan beberapa bidang ilmu tersebut telah berkembang menjadi cabang ilmu tersendiri.. :O

Mencakup:

  1. Penelitian mengenai penyakit-penyakit
  2. Kemungkinan penyembuhan
  3. Penelitian obat-obat baru
  4. Penelitian efek samping obat-obatan dan atau teknologi baru terhadap beberapa penyakit berhubungan dengan perjalanan obat di dalam tubuh serta perlakuan tubuh terhadapnya

naah….singkatnya… 🙂

FARMAKOLOGI MEMANG MENGASYIKAN ……. 🙂

How About You ??? 🙂