iNFoRmasi SimpOsiuM PenEliTiaN BaHan OBat Alami XIV-Muktamar PERHIBA XI

Hey…Bro N sis..:)., gua dapet info nih dari web sebelah mengenai diadakannya Simposium Penelitian Bahan oBat Alami yang ke XIV. cocok banget buat rekan-rekan sejawat Mahasiswa Farmasi, Farmasis, dokter, Penliti, Para Praktisi dan tenaga kesehatan Lainnya.

Acara tersebut bakalan diadain pada tanggal 11-12 Agustus 2009 di Jakarta, Gedung II BPPT Lantai 3, Jl. M.H. Thamrin No. 8.

Bidang Bahasannya antara lain:

  1. Kebijakan dan kelembagaan
  2. Farmasetika dan teknologi farmasi
  3. Farmakologi eksperimental dan klinik
  4. Fitokimia dan standarisasi ekstrak
  5. Pengembangan proses
  6. Marine Natural products
  7. Biologi molekuler
  8. Mikrobiologi

Pembicaranya keren-keren Cuy..:), yakni:

  1. Menristek
  2. Menkes
  3. Depkes
  4. UI
  5. German Cancer Institute
  6. University of Dusseldorf
  7. Korea Institute of Bioscience & Biotechnology
  8. Nara Institute of Science and Technology-Japan
  9. SP3T DKI
  10. BPPT
  11. GP Farmasi
  12. Perhiba

untuk Biaya hee…

Umum/swasta ; Rp 600.000
Pegawai Negeri : Rp 500.000
Mahasiswa : Rp 300.000
Makalah kedua dan seterusnya : Rp. 70.000

waaahhh…..muaaahhaLL amett !!…:O

ILmu itu memang MaHaL guys..!! 🙂

oke dehhh…biar gampuaang ni gua kasih alamat panitianya..OK ??!! 🙂

Panitia :
Pusat Teknologi Farmasi dan Medika
Deputi Bidang TAB, BPPT
Gedung II BPPT, Lantai 15
Jl. M.H. Thamrin No. 8 Jakarta 10340

Telp : 021-3169533
Fax : 021-3169505
Email : panitia_seminar_tfm@yahoo.com

Silahkan daftarkan makalah hasil penelitian paling lambat 17 Juli 2009.

Sumber: apoteker-online.blogspot.com

MenGeNaL BahAsa-BahAsa PeMoGraMaN WeB

Gua punya sedikit iNFo nih bro….:). Boleh dibaca ato disedot …:P
Kali ini Bahasa pemograman web yg gua post Cuma dari beberapa pemograman Web yg umum..*selebihnya cari di paman google ya..:D

1.      Hyper Text Markup Language (HTML)

—–> Ekstensi file: .html, .htm, .html4

Bahasa HTML adalah bahasa yang sederhana dan hanya memiliki sedikit kesulitan. Bahasa yang merupakan dasar dari framework Internet ini ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Hampir setiap situs web menggunakan bahasa ini, entah sekedar menampilkan texs, animasi, tampilan grafis ataupun suara.

Bahasa HTML sebenarnya berasal dari bahasa lama yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language). Namun perkembangan HTML sudah dimulai sejak kurang lebih 10 tahun bahasa tersebut diperkenalkan.

Berikut ini srtuktur dasar bahasa HTML:

<HTML> Tanda bagi browser untuk mengenali bahea itu adalah bahasa html.

<HEAD> Informasi header halaman. Di dalam tag inilah kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.

<TITLE> Sebagai judul halaman. Text yang anda letakkan didalam tag ini akan muncul pada title bar (Bagian paling atas browser).

<BODY> Di dalam bagian inilah semua atribut diletakkan seperti Font, bgcolor, background dll..

Berikut ini contoh halaman web sederhana:

<HTML>

<HEAD>

<TITLE>Hallo dunia</TITLE>

</HEAD>

<BODY bgcolor=”#000000″ background=”images/dark.gif” text=”aqua”>

<p align=”Justify”>Ini contoh halaman web</p>

</BODY>

</HTML>


2.      Dynamic HTML (DHTML)

—–> Ekstensi file: .dhtml

DHTML adalah bahasa yang bisa diakses dan dimodifikasi oleh bahasa script seperti Vbscript, Javascript. DHTML sering dimanfaatkan untuk menampilkan animasi-animasi seperti efek text, perubahan warna, dan lain sebagainya (bahkan untuk memodif layout friendster !!, tapi sekarang dah diblock hu ga seru 😛 ). Bahasa ini sering juga disebut sebagai versi objek dari HTML.

3.      eXtensible Markup Language (XML)

—–> Ekstensi File: .xml

XML adalah bahasa yang sifatnya lebih terbatas daripada elemen-elemen HTML. Dengan XML, orang bisa menentukan elemen-elemennya sendiri lalu kemudian mengembangkannya.

Menentukan elemennya sendiri? Yeah, semuanya berpusat pada Document Type Definitions atau biasa disingkat DTD. DTD-lah yang telah menentukan tag awal dan tag akhir dari suatu file XML sehingga data yang ditampilkan dapat dipahami...:D

4. XHTML
—–> Ekstensi File: .XHTML

Bahasa ini masih dalam pengembangan. XHTML merupakan gabungan dari bahasa HTML dan XML. Seperti halnya XML, bahasa ini juga masih tergolong baru namun diramalkan akan sangat berperan dalam mewarnai dunia web di masa depan. Info selengkapnya mengenai bahasa ini bisa kamu temukan di www.w3r.org.

5. Personal Home Page (PHP)

—–> Ekstensi File: .php, php3, atau tanpa ekstensi

PHP ditulis oleh Rasmus Lerdorf yang pada awalnya ia gunakan untuk mencatat jumlah pengunjung situs yang membuka halaman resumenya. Ia kemudian menulis ulang kode-kodenya dengan bahasa C yang kemudian menjadikan bahasa itu menjadi lebih kaya kemampuan.

Barulah setelah itu banyak bermunculan tokoh-tokoh yang berjasa dalam perkembangan PHP seperti Zeev Suraski dan Andi Gutmans yang menulis kembali parsing Engine unuk menciptakan PHP versi 3. PHP kemudian menjadi modul Apache yang paling sering digunakan. Berikut ini contoh script PHP yang akan menampilkan text Hallo Yoesz.

<html>

<head>

<title>PHP menampilkan Halo Yoesz</title>

</head>

<?php

echo “<br><br><h1>Hallo Yoesz<br><br></h1>”;

?>

</html>

Informasi lengkap tentang bahasa ini bisa anda dapatkan di http://www.php.net

6. CGI (Common Gateway Interface)

—–> Ekstensi File: .cgi, .pl

CGI (Common Gateway Interface) merupakan standar Internet tertua dan paling berkembang sebagai suatu alat lewatnya informasi dari web server ke suatu program dan mengembalikan hasilnya ke browser.

Suatu program CGI dapat ditulis dengan bahasa-bahasa berikut:

–          Perl

–          Java

–          C, C++

–          Script-script UNIX

–          Visual Basic

–          MacOS atau AppleScript

Karena itulah CGI sebenarnya kurang tepat jika dikategorikan sebagai bahasa karena program CGI sendiri dapat ditulis menggunakan beragam bahasa...(menurut yg gua tau se..:P)

7. PERL (Practical Extraction and Report Language)

—–> Ekstensi File: .pl atau bisa apa saja

PERL merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditemukan oleh Larry Wall (1987). PERL memiliki kemampuan untuk dapat diterapkan pada hampir semua jenis Operating System. Pada Web, eksekusi perl biasa dijalankan dengan CGI (Common Gateway Interface) sebagai mekanisme untuk menampilkan output text ke browser. Lebih jauh tentang Perl dan keamanannya dapat anda temukan di www.w3.org

8. ColdFusion

—–> Ekstensi File: .cfm

Coldfusion adalah sistem pengembangan aplikasi yang dikembangkan oleh Alaire. Komponen utama Coldfusion adalah:

1)     ColdFusion Application Server

2)     ColdFusion Markup Language

3)     ColdFusion Studio

File-file CFM disimpan dalam bentuk plain text, sama halnya seperti PERL dan PHP sehingga siapapun dapat melihat isinya. Informasi lanjut tentang ColdFusion dapat ditemukan di www.alaire.com

9. ASP (Active Server Page)

—–> Ekstensi file: .asp

ASP diciptakan khusus bagi server IIS milik microsoft. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman web yang dinamis. ASP dapat digunakan untuk mengeksekusi beragam request terhadap suatu database atau perintah-perintah pada system lokal.

Berikut contoh sederhana berikut yang akan menampilkan tanggal dan jam pada sebuah halaman web untuk server-side:

<%@ language=”VBSCRIPT” %>

<html>

<body>

<h1>Tanggal:</h1>

<% =date %>

<h1>Jam</h1>

<% =time %>

</body>

</html>

Sedangkan fungsi yang sama pada Client-Side:

<html>

<body>

<script type=”text/vbscript”>

document.write(“<h1>Tanggal:</h1>”)

document.write(“<br>” & date() & “<br>)

document.write(“<h1>Jam:</h1>”)

document.write(“<br>” & time() & “<br>)

</script>

<body>

</html>

Weeehhhh…ternyata susah dimengerti bahasanya :P.,

10. JHTML

—–> Ekstensi File: .jhtml

Bahasa standard JavaSoft keluaran SUN yang dicptakan untuk mengikutsertakan Java dalam sebuah file HTML ini memiliki tag tersendiri yang diproses sebelum mengirimkan output pada browser. JHTML hampir mirip dengan HTML, hanya saja memiliki tambahan tag <Java> . Berikut contoh sangat-sangat sederhana dari kode JHTML yang akan mengeluarkan tampilan “Hallo Yoesz, Saya Mau Nyedot File Ini

<Java>

out.print(“Hallo Yoesz, Saya Mau Nyedot File Ini “);

</Java>

Naahh…itu td beberapa pengenalan bahasa pemograman Web..:D.., sebenernya masih ada lagi…seperti Java Script, Ajax Script, de-el-el heee….:)

Moga-moga posting gua bisa berguna nih buat nambah wawasan…n yg dah tau ni inFo.,mhon di koreksi jikalau ada kesalahan n kekurangan,,:D..

just newbie yg baru bangun tidur…heee 😀

10 CelAh yAng MenGakiBatkaN Web Anda TerKuaSai

Keamanan Web seharusnya merupakan prioritas no.1 yang harus selalu di pertimbangkan oleh seorang web administrator dan web developer, tetapi umumnya para pembuat web akan memprioritaskan bagaimana membuat web yang menarik bagi pengunjung dan menempatkan keamanan web di urutan ke-sekian. Padahal, umumnya aplikasi web adalah penghubung terdepan antara user ataupun attacker, sekaligus sebagai pintu masuk ke seluruh data yang relatif penting milik perusahaan anda.

Para pembuat/penyedia web umumnya mengkategorikan keamanan web sebagai suatu hal yang hanya perlu di pikirkan setelah web itu di buat dan siap di gunakan oleh pengguna. Banyak ahli keamanan web bahkan menyatakan bahwa, umumnya keseluruhan website yang ada di internet rentan untuk di kuasai oleh penyerang, dan celah tersebut umumnya relatif gampang ditemukan bahkan untuk di eksploitasi.

Ditahun 2007 ini suatu organisasi non-profit Open Web Application Security Project (OWASP) telah merilis satu buah daftar berisi 10 celah teratas yang dapat mengancam website anda, daftar ini pertama kali di rilis di tahun 2004. Daftar yang dibuat di tahun 2007 ini telah sangat berkembang, teknologi web (2.0) baru seperti AJAX dan RIA (Rich internet Application) yang membuat tampilan website semakin menarik dan mengakibatkan timbul berbagai jenis celah baru pun telah di ikutkan.
sumber: Echo.or.id
Berikut adalah daftar yang di keluarkan oleh OWASP dalam “Top 10 2007” :

A1 – Cross Site Scripting (XSS)

Celah XSS, adalah saat pengguna web aplikasi dapat memasukkan data dan mengirimkan ke web browser tanpa harus melakukan validasi dan encoding terhadap isi data tersebut, Celah XSS mengakibatkan penyerang dapat menjalankan potongan kode (script) miliknya di browser target, dan memungkinkan untuk mencuri user session milik target, bahkan sampai menciptakan Worm.

A2 – Injection Flaws

Celah Injeksi, umumnya injeksi terhadap SQL (database) dari suatu aplikasi web. Hal ini mungkin terjadi apabila pengguna memasukkan data sebagai bagian dari perintah (query) yang menipu interpreter untuk menjalankan perintah tersebut atau merubah suatu data.

A3 – Malicious File Execution

Celah ini mengakibatkan penyerang dapat secara remote membuat file yang berisi kode dan data untuk di eksekusi, salah satunya adalah Remote file inclusion (RFI).

A4 – Insecure Direct Object Reference

Adalah suatu celah yang terjadi saat pembuat aplikasi web merekspos referensi internal penggunaan objek, seperti file, direktori, database record, dll

A5 – Cross Site Request Forgery (CSRF)

Celah ini akan memaksa browser target yang sudah log-in untuk mengirimkan “pre-authenticated request“terhadap aplikasi web yang diketahui memiliki celah, dan memaksa browser target untuk melakukan hal yang menguntungkan penyerang.

A6 – Information Leakage and Improper Error Handling

Penyerang menggunakan informasi yang didapatkan dari celah yang di akibatkan oleh informasi yang diberikan oleh web aplikasi seperti pesan kesalahan (error) serta konfigurasi yang bisa di lihat.

A7 – Broken Authentication and Session Management

Celah ini merupakan akibat buruknya penanganan proses otentikasi dan manajemen sesi, sehingga penyerang bisa mendapatkan password, atau key yang di gunakan untuk otentikasi.

A8 – Insecure Cryptographic Storage

Aplikasi web umumnya jarang menggunakan fungsi kriptografi untuk melindungi data penting yang dimiliki, atau menggunakan fungsi kriptografi yang di ketahui memiliki kelemahan.

A9 – Insecure Communications

Sedikit sekali aplikasi web yang mengamankan jalur komunikasinya, hal inilah yang dimanfaatkan oleh penyerang sebagai celah untuk mendapatkan informasi berharga.

A10 – Failure to Restrict URL Access

Seringkali, aplikasi web hanya menghilangkan tampilan link (URL) dari pengguna yang tidak berhak, tetapi hal ini dengan sangat mudah dilewati dengan mengakses URL tersebut secara langsung.

sumber: ECHO

menGeNaL SeJaraH FaceBook

FaCeBook ?? menjadi tren situs jejaring sosial saat ini ditahun 2009. banyak dari kalangan anak-anak sampe kawula tua dan muda berbagi pertemanan di situs yang pernah di perkenalkan oleh Marck Zuckerberg.

marck-z

Mark Zuckerberg, yang tepat lima tahun lalu meluncurkan Facebook, dikenal jenius komputer sejak SMP. Pemuda 25 tahun ini mengendalikan Facebook dengan cerita kontroversi mulai dari ide pembuatan sampai cara mengendalikan komputer…*Waw masih muda KreaTif buangettt 🙂

Pada dasarnya Zuckerberg itu sudah dikenal jenius. Di SMA, ia masuk tim matematika sekolah, tim Olimpiade iptek, kelompok musik, grup penggemar bahasa Latin, sampai–yang paling ia kuasai–bermain anggar. Pada tahun 2000, ia bahkan tercatat sebagai pemain terbaik saat kejuaraan anggar wilayah New York….kerrenn cuy 😀

Tapi yang benar-benar diakui adalah jagonya menyusun program untuk Internet sehingga dua raksasa teknologi informasi Amerika Serikat, AOL dan Microsoft, pernah berusaha merekrut saat ia belum kuliah.

Pacarannya dengan komputer dimulai saat ia mendapat hadiah komputer dari ayahnya pada kelas 6. Segera saja bocah kelahiran 14 Mei 1984 itu membeli buku membuat tentang membuat program komputer paling dasar: “C++ for Dummies”

Ayahnya ini dokter gigi di White Plains, New York. Ayahnya memasukkannya di sekolah negeri sampai lulus SMP. Baru di SMA, ayahnya mengirim ke sekolah asrama swasta mahal Phillips Exeter Academy.

Di kelas tiga SMP, ia menciptakan versi komputer permainan papan Risk yang berlatar belakang Kekaisaran Romawi. Di SMA, ia makin terkenal pakar komputer…:)

“Mereka itu murid paling jago komputer di sekolah,” kata Kristopher Tillery, teman sekelas yang membuat situs dengan Zuckerberg. Situs itu memungkinkan murid Exeter membeli makanan kecil via Internet.

Zuckerberg dan teman sekamar di asrama, Adam D’Angelo, menulis program pemutar MP3 bernama Synapse. Program ini bisa melacak kegemaran para pemutarnya dan tercium dua raksasa teknologi informasi, Microsoft dan AOL. Dua perusahaan ini tidak hanya berusaha membeli programnya, tapi juga merekrut mereka berdua.

Tapi keduanya menolak. Zuckerberg memilih jadi “anak biasa” dan kuliah di Harvard dengan jurusan yang jauh dari dunia komputer: psikologi (meski ia juga mengambil kuliah-kuliah komputer).

Di sana, ia membuat sejumlah aplikasi dan website bagi mahasiswa. Pertama dibuat adalah Coursematch.com. Para mahasiswa bisa menulis mata kuliah yang diambil di situs ini dan melihat siapa saja teman-teman lain yang juga mengambilnya.

Sejak itu, Zuckerberg masuk ke wilayah yang kemudian menjadi salah satu andalan Facebook: mengintip. Orang bisa mengintip mata kuliah apa yang diambil orang lain.

Program ini lumayan populer tapi kemudian berantakan. Penyebabnya satu: Zuckerberg menjadikan laptopnya sebagai server sehingga tidak kuat dengan banyaknya orang yang menggunakannya.

Sebagai anak kuliah, Zuckerberg juga jatuh cinta tapi cintanya ini ditolak. Setelah bermabuk-mabukan untuk melupakan patah hati ini, ia kembali ke dunia komputer….wah wah….wah …dunia remaja tak pernah luput dari yg namanya mabok2an….jangan ditiru ya fren 😀

Ia membuat program kurang ajar yang meledek para teman-teman kuliah ceweknya di situs yang ia namai Facemash.com. Isinya sederhana: ia mencuri data teman-teman cewek sekelas, dipajang di Facemash, dan pengunjung bisa membandingkan dengan yang lain. Semula ia bahkan ingin membandingkan dengan binatang, tapi dibatalkan.

Situs ini menjadi top di Harvard. Dalam semalam, 450 mahasiswa Harvard mendaftar dan membuka 22 ribu halaman. Dalam beberapa jam, otoritas Harvard mencium ulah kurang ajar ini dan Zuckerberg diminta menutup situsnya.

Jenius, dan Sangat Kaya
Ide membuat Facebook ini sudah beredar cukup luas di Harvard. Sepuluh bulan sebelum Facebook diluncurkan, seorang mahasiswa keturunan India, Divya Narendra, sudah menggagas situs sosial bagi mahasiswa.
Zuckerberg ditawari mengerjakan situs ini dan bersedia. Belakangan ia malah membuat program sendiri–dan bernama Facebook–sehingga Narendra menuduh Zuckerberg mencuri gagasannya.

Zuckerberg membuat Facebook bersama Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan dengan dibantu dana Eduardo Saverin.

Zuckerberg keluar dari Harvard gara-gara Sean Parker, salah satu pendiri Napster. Saat itu, Parker melihat pacarnya, yang kuliah di Stanford, dan teman-temannya penjadi pecandu Facebook. Parker mengajar Zuckerberg dan Saverin bertemu dan bercerita bagaimana mengumpulkan modal di Lembah Silikon, California.

Kurang dari sebulan, Parker sudah bertemu dengan para pendiri Facebook ini di Palo Alto, Lembah Silikon. Segera saja Parker mempertemukan mereka dengan para pemodal dan akhirnya menjadi sejarah.

Facebook sangat terkenal dan Mark Zuckerberg sangat kaya. Majalah Forbes menempatkannya pada urutan 321 orang terkaya dunia dengan harta diperkirakan US$ 1,5 miliar (Rp 17,4 triliun)..wew…:D. Tapi ia masih tampil sangat berantakan, tidak berbeda dengan anak muda lainnya. Kemana-mana ia menggunakan jins, kaos, dan sandal. Dua ponsel, BlackBerry dan iPhone, selalu ditenteng.

Sumber: http://www.tempointeraktif.com

first time my bloG

haaahhh…….akhirnyaa gua nyelesaiin blog saia yang di wordPress…*setelah dapet saran dari temen saia….:)

apa yaa ??? emmmm pertama kali gua mau nulis…

WELCOME

hiiiii….kata-kata yg cukup memberikan makna yang complex hehehew 😀