Posts Tagged ‘ Farmasi ’

Farmasis Di Indonesia Belum Mandiri

Salah satu ujung tombak pelayanan tenaga kefarmasian kepada masyarakat adalah apoteker. Sayangnya, apoteker di Indonesia belum sepenuhnya bisa mandiri.

Begitu informasi dari Ketua Pengurus Daerah Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Nunut Rubiyanto. Menurutnya, apoteker memang dapat dibantu tenaga kesehatan lain, laiknya dokter, namun apotekerlah yang seharusnya melakukan analisis dan mengambil keputusan terhadap data yang masuk dari pasien. “Harus dia sendiri,” tegas Nunut.

Nunut menilai, belakangan ini banyak isu kefarmasian yang muncul, mulai dampak penyalahgunaan obat hingga masalah puyer atau obat bekas, tidak tertangani dengan baik. “Selain karena aturan tidak tegas, mentalitas apoteker belum banyak terpacu,” katanya.

Apalagi, Nunut menambahkan, masyarakat saat ini sudah menyadari hak-haknya sebagai pasien dan konsumen obat. “Kalau (masalah farmasi) ini tidak disadari dan diantisipasi, berbahaya,” ujar Nunut serius.

Karena itu, sejak akhir 2005, organisasi profesi apoteker di DIY merintis diskusi perihal kualitas pelayanan kesehatan. Topik ini menjadi bahasan selanjutnya setelah soal akses layanan kesehatan sudah tak jadi masalah. “Kalau akses sudah tercukupi, pasti akan bicara kualitas,” kata Nunut.

Salah satu hal penting dalam kualitas pelayanan kesehatan berkaitan dengan tenaga kesehatan. “Kualitas pelayanan kefarmasiaan tergantung pada tenaganya. Kualitas pelayanan kesehatan baik karena tenaga kesehatannya baik. Tenaga apoteker itu harus selalu ada (di apotek) dan kompeten,” tuturnya.

Dari hasil diskusi itu mulai 1 Januari 2006 organisasi profesi apoteker DIY mewajibkan apoteker harus selalu ada di apotek. Selain itu tiap apotek memiliki minimal dua apoteker. Satu apoteker sebagai penanggungjawab, yang lain sebagai apoteker pendamping jika apoteker penangungjawab berhalangan. “Kedudukannya sama,” jelas Nunut. Ketentuan ini, terutama mesti dilaksanakan oleh apotek baru dan apotek yang tengah memperpanjang ijin.

Sebagai salah satu gambaran keadaan apoteker di wilayah misalnya, per 30 November 2008, 43 persen dari sekitar 400 apotek di DIY mempunyai lebih dari satu apoteker. Hingga Desember 2008, angkanya naik sampai 47 persen. “DIY menjadi pelopor. Wilayah lain belum ada,” ujarnya.

Menurut dia, hal ini juga merupakan upaya menekan angka pengangguran di bidang farmasi. Mengingat, di DIY ada empat perguruan tinggi yang memiliki fakultas farmasi yang menelurkan sekitar 800 lulusan tiap tahun.

Selain dari ketersediaan, kompetensi tenaga farmasi juga harus diperhatikan. Untuk itu dilakukan sertifikasi tenaga farmasi melalui uji kompetensi. Ini dilakukan melalui kerja sama dinas kesehatan DIY dan badan terkait. Uji kompetensi meliputi uji pengetahuan, keterampilan hingga moral penanganan pasien. “Fokusnya patient safety,” kata Nunut.

Uji kompetensi ini berbeda dengan uji tenaga farmasi lain karena juga memberi uji keterampilan menghadapi pasien dalam kondisi paling sulit. “Bukan hanya soal tertulis, tapi juga praktek langsung,” jelas Nunut.

Sejak Desember 2005, ujian dilakukan setiap tiga bulan dan sudah berlangsung 16 kali. Pesertanya minimal 60 orang dan terakhir digelar diikuti oleh 102 peserta. Upaya ini pada akhirnya dipresentasikan ke pihak pusat dan sejumlah daerah. Langkah ini mulai diterapkan di Jawa Tengah. “Tinggal political will daerah lain saja,” kata Nunut.

Sumber

Semoga di Wilayah gua (Kalsel) dapat mencontoh DIY (Yogyakarta), 1 Apotik minimal 2 orang Apoteker. πŸ™‚

Obat Nyeri dan Migrain..

Oke guys kali ini gua akan ngebahas, berbagi info, mengenai bahasan Kesehatan sesuai basic keilmuan gua yg udah kuliah dibidang farmasi. Sebelum2 nya postingan gua mengenai dunia IT hehehe… πŸ˜€

Kali ini gua mencoba memberikan info mengenai Obat Nyeri Kepala dan Migrain..kalau ada yg keliru mohon koreksinya ya guys.. πŸ˜‰

sakitkepala
Kita mulai dari dasarnya dulu guys.. πŸ˜‰
Nyeri kepala kerapkali merupakan suatu keluhan tambahan pada demam tinggi, seperti pada influenza/pilek. Nyeri ini biasanya tidak bertahan lama dan lenyap sendiri bila infeksi sembuh. (mungkin disini tubuh sudah mulai memperbaiki diri).. πŸ˜€

Guys !., Kita harus waspada terhadap jenis-jenis nyeri kepala tertentu, misalnya nyeri yang disertai muntah-muntah
pikiran butek dan tengkuk kaku,, sehingga bagian dagu tidak bisa ditundukkan sampai ke dada. Gejala-gejala ini
menunjukkan kemungkinan adanya radang selaput otak (meningitis), yang terutama menghinggapi anak-anak kecil. Bila infeksi ini tidak segera diobati oleh dokter (misalnya dengan antibiotika), maka tak jarang bersifat fatal… 😦

Mengenai Jenis-jenis Nyeri kepala, bagaimana nyeri kepala terjadi, dan sebagainya dapat dilihat di Sini.

Gua langsung ke bagian bagaimana swamedikasi (pengobatan yg dapat dilakukan sendiri oleh sipasien) mengobati nyeri kepala..

  1. Nyeri Kepala, ketegangan serta nyeri kepala pada salesma dan flu dapat dilawan secara efektif dengan menggunakan asetosal atau parasetamol, bila perlu diperkuat dengan minum kopi.. Jangan lupa sesuaikan pemakaian dosis asetosal atau parasetamol tersebut biasanya maskimal 1 kali pemakaian sehari pada Parasetamol dan asetosal secara oral pada orang dewasa ialah 4000 mg (Tjay, 2002).
  2. Kofein (terdapat pada kopi) memperkuat daya kerja kedua obat antinyeri tersebut.
  3. Obat lain yg dapat digunakan, misalnya asam mefenamat, metamizol (hati-hati dengan efek samping), dan propifenazon (hati-hati dengan efek samping).

Mengenai seluk beluk apa itu Migrain dapat dilihat di sini.
Yang kedua bagaimana swamedikasi migrain.
Serangan yang tidak begitu hebat seringkali dapat dihentikan secara efektif dengan kombinasi dari suatu obat antimual dan zat antinyeri, bila diminum sedini mungkin setelah timbulnya serangan.

  1. Minum tablet antimual O.W.A (Obat Wajib Apotek), yakni metoklopramida dengan efek meningkatkan gerakan-gerakan lambung, yang selama serangan sangat terhambat.
  2. Setengah Jam kemudian diminum 2 tablet asetosal atau 2 tablet parasetamol (gua anjurkan parasetamol), sesuaikan dosis agar tidak melebihi batas maksimal. Efek samping yang mungkin pada obat migrain ini ialah gelisah dan rasa kantuk. Dapat pula menimnulkan keluhan-keluhan lambung-usus dan gemetar, terutama pada anak kecil.
    Setelah minum obat-obat ini, penting agar penderita berbaring/istirahat. Penderita yang sudah mual dan tidak dapat minum obat tersebut melalui mulut, dapat menggunakannya secra rektal dalam bentuk suppositoria.

Perlu di ingat untuk pemakaian Obat disesuaikan dengan Dosis.
Tanya Apoteker untuk mempermudah penggunaan obat yang rasional.
.
πŸ˜‰

Wisuda ku…

29 september 2009…..
Wisuda unlam yg ke-66…hemmm…. begitu tua sekali universitas ini, tapi tidak lelah lelahnya mencetak sarjana sarjana yg intelektual di bidangnya……

Sebanyak 2022 wisudawan(i) mengikuti acara ini dari berbagai fakultas yg ada di kampus Banjarmasin maupun yg ada di kampus Banjarbaru…. Setiap tahunnya Unlam melaksanakan 2 kali wisuda, yakni di bulan september dan Februari, Maret. Itulah uniknya Universitas Kami… πŸ˜‰

Pagi yg cerah dengan pakaian full hitam dan sedikit warna di bagian leher, ditambah topi berbentuk segi Lima menambah Sakral bagi acara wisuda ini, yeaah pakaian itu di sebut TOGA.Bukan Tanaman Obat Keluarga,.. πŸ˜‰ . wisuda tahun ini bertempat di daerah Banjarbaru, didepan gedung Pasca sarjana., info lebih lengkap bisa di search lewat googel map.. πŸ˜€

wisuda

Acara dimulai tepat pukul 09.30 WITA.., di kartu undangan pukul 09.00 WITA, biasa Indonesia selaluuu saja, mdah2n anak cucu kita tepat waktu nantinya πŸ˜€ . Awal awal upacara 2022 wisudawan(i) khidmat ngikutinnya dengan nyanyian Indonesia Raya, Hymne unlam, dan Mars Unlam. Janji Wisudawan/wisudawati juga terdengar semangat (ya iyalah kan 2022 orang gan). dibalik khidmatnya acara masih aja ada wisudawan(i) mondar mandir kesana kemari nyari tempat duduk yg sudah ada list nama…huhuhu….

wis1

Terdapat juga bebrapa wisudawan(i) terbaik dari beberapa Fakultas. gua ambil yg paling tinggi aja ya gan.., dari program S2 saudara Juhana Suhanda (IPK 4.oo) ga ada pic nya gan sorry. dari program S1 saudari Mira Rizqy Rahmini dari Fakultas Perikanan (IPK 3,89) sama gan ga ada pic nya padahal si doi cantik gan hehehe...

Pada saat acara pemindahan tali toga oleh dekan masing2 fakultas secara bergantian., dengan 5 podium terlihat khidmat, akan tetapi setelah wisudawan(i) selesai dipindah talikan toga tersebut dan kembali ke tempat semula…langsung mengambil kamera digital,. yeaah apalagi kalau bukan yg namanya jeprat jepret…. πŸ˜€ . padahal selama prosesi pemindahan tali toga dilarang berfutu futu sampe semua wisudawan(i) selesai dipindah tali toganya. Ternyata hal ini tidak bisa dipungkiri.., termasuk saia gan hehehe πŸ˜€ .

jepret

kurang lebih 1,5 jam acara pemindahan tali toga selesai, Tapi sebelum itu ada wisudawan(i) yg sudah selesai langsung ngelunyur kesana kemari nyari orang tua…. Β padahal sudah diberi pagar (pagar kayu ckckckck), bandel ya wisudawan(i) gua ga lo gan, gua sampe selesai seluruh acara, ya sampe doa, biar lulus nya dengan barokah. Amieenn πŸ™‚

Selamat Kepada Wisudawan(i) Universitas Lambung Mangkurat yg telah selesai menempuh jenjang pendidikannya, mudah2an bisa berguna, mengamalkan ilmunya di masyrakat. Tidak hanya selesai sampai disini, masih banyak ilmu2 laen yg harus kita pelajari..

SEMOGA SUKSES SELALU Gan !! πŸ™‚

Yudisium Ku……

Senin, 28 september 2009…..
di hari ini gua dan seluruh temen2 yg laen bakalan di lepas oleh fakultas…..(di lepas dengan tanda gelar sarjana Farmasi [S.Farm])… Alhamdulillah.. πŸ™‚

Fakultas MIPA unlam Banjarbaru..,itu lah tempat selama lebih kurang 4 tahun gua digembleng, menimba ilmu, pengalaman, serta suka cita yg tidak bisa di dapat dimanapun dan kapan pun (lebay amet seh..:P ).

sebanyak 54 wisudawan(i) dari berbagai program Studi, antara lain PS Matematika, KiMia, Biologi, Fisika, dan Farmasi menjadi alumnus ke 11 Di Fakultas MIPA ini….

tidak banyak yg bisa diungkapkan, selain rasa syukur kpada Allah SWT dan terima kasih yg sebesar2 kpda orang tua dan keluarga, Dekanat, Staf dosen pengajar, dan juga Kawand2 yg telah mendukung kami hingga bisa menjadi lulus di tahun ini…
bagi kawand2 yg masih berjuang, tetap SEMANGAT !! πŸ™‚

perjuangan kita tidak hanya sampai disini., masih banyak masalah yg harus kita selesaikan di dunia masyarakat kita tercinta…

Gapai terus cita-cita mu kawand !! πŸ™‚

witfren

Bersama Kawand Kimia dan Fisika

withdekanat

Bersama Dekanat FMIPA Unlam

withstafdosen

Bersama Staf Dosen Farmasi

NgoBatin Nyeri TengGoroKan ??

Setelah beberapa hari gua terkapar di tempat peristirahatan (bukan kuburan lo ya πŸ˜€ ) dikarenakan penyakit yg tepat gua posting kemaren, Flu..akhirnya gua bisa nulis coretan kecil di blog gua ini lagi..hmmm thanks God ! πŸ™‚

oke Guys !! kali ini gua mencoba ngasih info “Bagaimana Mengobati nyeri tenggorok”..

Lazimnya pada flu, mukosa tenggorok juga meradang dan membengkak. rasanya kering dan nyeri bila menelan., dan juga tampak kemerah-merahan..yeaahh gua barusan ngalamin, ga enak bangetsz !. disamping infeksi oleh virus tidak menutup kemungkinan terjadi juga infeksi kedua dengan bakteri di daerah tenggorokan. kebanyakan penyebabnya adalah salah satu dari banyak kuman yg selalu tinggal di dlm mulut kita guys..yg mendadak menjadi ganas karena keadaan lingkungan yg menguntungkan baginya. Supra infeksi demikian biasanya diiringi dengan demam agak tinggi.

Antiseptika.
Guna meringankan nteri tenggorok yg meradang, salah satunya dapat kita gunakan tablet hisap dan obat kumur. Obat2 ini biasanya mengandung suatu zat antiseptik yang berkhasiat mematikan bakteri atau sekurang2nya menghambat perkembangannya.

Tablet Hisap. yang banyak digunakan adalah zat dengan daya bakterisid kuat seperti dequaline. tablet kombinasi dari 2 antiseptika yg berbentuk gula2 adalah Floxil. Guna mempertahankan konsentrasi obat di tenggorok yg cukup tinggi, obat2 ini perlu dihisap setiap jam 1 tablet…hummm….

Obat Kumur. biasanya se yg mengandung zat bakterisid (yang mematikan bakteri), seperti povidon-iod (Betadine, Septadine)..ada juga ne yg mengandung larutan Klorheksidin 0,2%. penggunaan obat kumur ini setiap 1-2 jam selama 2-3 menit, lalu dikeluarkan… jangan ditelan ya Guys !! hee πŸ˜€

Naaah cukup itu aja deh yg gua posting untuk saat ini….
ntar lanjut lagi….
kalo mau tau lebih detail., TANYA APOTEKER !! πŸ™‚

NgoBatin Salesma N InfLuenZa …

postingan ini lanjutan yg kemaren guys..,kalo kemaren kita ngebahas mengenai perbedaan antara salesma dengan influenza, sekarang kita bakalan ngebahas mengenai cara mengatasinya/mengobati salesma n infuenza., πŸ˜‰

pada umumnya gangguan2 yg disebabkan oleh salesma N influenza bisa sembuh sendirinya dlam waktu 4-6 hari., intinya ialah kita harus istirahat mutlak., yeaa kurang lebih 5 hari.,jangan keluar rumah, banyak minum air putih, hindari hawa dingin, kalo bisa se jangan mpe kemasukan angin. hanya dengan istirahat seperti itu tubuh dapat memiliki kesempatan untuk memperkuat sistem pertahanannya dan menghalau semua virus penyerbu.

Akan tetapi, seringkali keharusan istirahat tersebut tidak dapat dipenuhi berhubung kesibukan sehari-hari, misalnya ada yg lagi ngantor, skul, n bla bla bla πŸ˜€ . biasanya orang yg ngalamin salesma ato flu meneruskan aktivitasnya dengan bantuan obat peredam nyeri, sirup batuk. kibatnya
tubuh tidak sempat membina daya tangkisnya. karena itu flu dapat bertahan berminggu2 lamanya, sedangkan si pasien menjadi lebih peka terhadap infeksi baru oleh bakteri dengan akibat buruk seperti misalnya
radang paru2.

Bagaimana Mengobati Sendiri Gejalanya ??

ada catatan penting ni guys,..
bila keluhan2 terutama demam tinggi diatas 39-40 derajat Celsius, bertahan lebih lama dari 3-4 hari, sebaiknya jgn meneruskan pengobatan sendiri tetapi segera konsultasi ke Dokter (biar si dokter mendiagnosa nya πŸ˜‰ ).

vitamin C, yeahh dengan memasukkan vitamin C ke dalam tubuh akan memperbaiki sistem perthanan tubuh itu sendiri. biasanya se dosis 1000 mg perhari… kalo dosis lebih tinggi ( lbh besar 1000 mg perhari., kasian tu ginjal ma hati πŸ™‚ ).

hidung mampat dan pilek. Dengan penghirupan uap panas, suatu cara yg sederhana tetapi efektif untuk meringankan hidung mampat dan peradangan rongga dahi adalah menghirup uap air panas 2-3 kali sehari. caranya dapat dengan menuangkan 1,5 liter air mendidih kedalam sebuah bejana, lalu muka ditundukkan 15 cm diatas air dan kepala serta bejana diselubungi dengan sehelai handuk. kemudian uap disedot. be carefull guys… muka lo jgn mpe kebakar hee πŸ˜€ .

naah kali ini cukup sekian yaa….
next time we continued again…. πŸ˜‰

Beda SaLeSma DenGan InflueNza ??

Akhir akhir ini banyak gua denger masyarakat kita terserang penyakit, ada yg kena influenza (Flu), batuk,…hummm,… mengapa ya ?? mungkin udah hukum alam.,setiap yang mempunyai jiwa pasti terkena sakit ( loh ?? ga nyambung ya ?? yang ada mah., setiap yang mempunyai jiwa pasti akan mati., itu yg bener hee ). dikalangan masyrakat awam ada yg bilang salesma itu influenza, nah Lo ??. sebenernya se itu beda, jgn salah artikan coy… πŸ™‚

oke guys…
kali ini gua akan sedikit mencoret-coret blog gua dengan bahasan “beda ya salesma dengan influenza ??”

dari ilmu yang gua pelajari semenjak 4 taon yg lalu (baru-baru aja se πŸ˜€ ) di bangku kuliah.,salesma
dengan influenza memiliki perbedaan., menurut gua perbedaan itu terletak pada gejala yang ditimbulkan.. hemmm…

ni gua punya sedikit catatan kuliah gua mengenai bahasan kali ini (ternyata gua masih nyimpan ya ???., ya iyalah kan rajin ke ruang baca, waktu semester2 awal sih hee..)

salesma juga disebut “common cold”, merupakan iritasi atau peradangan dari selaput lendir hidung akibat “masuk angin” atau juga infeksi dai virus/bakteri. selaput lendir yang meradang memproduksi lebih banyak lendir dan mengembang, sehingga hidung menjadi tersumbat dan pernafasan jadi sulit., akibat nya ni ya guys, si penderita salesma mulai kena pilek berat, mata mengeluarkan banyak air, kepala merasa mampat, sedikit ada demam ringan. lendir ini ya guys, bisa menyebabkan batuk dan bersin.

naah itu tadi sedikit uraian apa itu salesma.,
lanjuuut ke Influenza….!!

Influenza, memperlihatkan gejala2 tersebut, TETAPI pada umumnya bersifat lebih berat..humm.. Virus yg cenderung sangat menular cenderung menyerang saluran pernafasan dan dapat menimbulkan radang bronki (bronkitis) dan radang paru2. Ciri infeksi ini ya guys, demam yang tinggi, nyeri otot dan persendian dengan rasa letih, terkadang mengenai bagian kepala dan tenggorokan, suara jadi serak, hilang nafsu makan. ada juga yg mengatakan bahwa terdapat juga gejala nyeri pada telinga, mual, muntah, dan diare… :O.

sudah mengerti kan perbedaanNya dimana ??? πŸ˜‰