Posts Tagged ‘ Flu ’

Buang Ingus Timbulkan Sinusitis

Buang ingus keras-keras saat flu bisa menimbulkan penyakit sinusitis. Peneliti menyarankan agar kebiasaan tersebut dihentikan karena bisa pula menyebabkan tekanan darah di otak.

Dr J Owen Hendley dan pakar penyakit infeksi lainnya dari University of Virginia mengatakan, tekanan yang dihasilkan saat mengeluarkan ingus bisa menyebabkan beberapa penyakit mulai dari sinusitis hingga hipertensi. Dr Hendley melakukan percobaan yang dilengkapi dengan alat CT Scan untuk mengukur tekanan yang dihasilkan saat seseorang batuk, bersin dan mengeluarkan ingus dengan kencang.

Hasil percobaan menunjukkan, diantara tiga kegiatan yang dilakukan seseorang saat sakit flu itu, tekanan yang paling besar dihasilkan dari kegiatan mengeluarkan ingus dengan kencang. “Batuk dan bersin hanya menghasilkan tekanan yang kecil pada rongga hidung. Tapi saat mengeluarkan ingus dengan kencang, tekanan yang dihasilkan sangat besar bahkan sama dengan tekanan darah diastolik yang terbaca dari seseorang,” kata Dr Hendley.

Meski tampaknya tidak berbahaya, namun jika terus menerus dilakukan bisa menyebabkan penyakit sinus dan memicu peningkatan tekanan darah di otak. “Bakteri atau virus yang ada di hidung bisa terdorong keras dan menempel pada rongga hidung dan akhirnya menyebabkan sinus. Selain itu tekanan keras akibat mengeluarkan ingus juga akan menyebabkan tekanan pembuluh darah ke otak meningkat dan memicu migrain bahkan hipertensi,” jelasnya.

Sumber

Kalau sudah Ingusan, bawaannya pengen tidur teruuss…sluurrrppp… 😀

NgoBatin Nyeri TengGoroKan ??

Setelah beberapa hari gua terkapar di tempat peristirahatan (bukan kuburan lo ya 😀 ) dikarenakan penyakit yg tepat gua posting kemaren, Flu..akhirnya gua bisa nulis coretan kecil di blog gua ini lagi..hmmm thanks God ! 🙂

oke Guys !! kali ini gua mencoba ngasih info “Bagaimana Mengobati nyeri tenggorok”..

Lazimnya pada flu, mukosa tenggorok juga meradang dan membengkak. rasanya kering dan nyeri bila menelan., dan juga tampak kemerah-merahan..yeaahh gua barusan ngalamin, ga enak bangetsz !. disamping infeksi oleh virus tidak menutup kemungkinan terjadi juga infeksi kedua dengan bakteri di daerah tenggorokan. kebanyakan penyebabnya adalah salah satu dari banyak kuman yg selalu tinggal di dlm mulut kita guys..yg mendadak menjadi ganas karena keadaan lingkungan yg menguntungkan baginya. Supra infeksi demikian biasanya diiringi dengan demam agak tinggi.

Antiseptika.
Guna meringankan nteri tenggorok yg meradang, salah satunya dapat kita gunakan tablet hisap dan obat kumur. Obat2 ini biasanya mengandung suatu zat antiseptik yang berkhasiat mematikan bakteri atau sekurang2nya menghambat perkembangannya.

Tablet Hisap. yang banyak digunakan adalah zat dengan daya bakterisid kuat seperti dequaline. tablet kombinasi dari 2 antiseptika yg berbentuk gula2 adalah Floxil. Guna mempertahankan konsentrasi obat di tenggorok yg cukup tinggi, obat2 ini perlu dihisap setiap jam 1 tablet…hummm….

Obat Kumur. biasanya se yg mengandung zat bakterisid (yang mematikan bakteri), seperti povidon-iod (Betadine, Septadine)..ada juga ne yg mengandung larutan Klorheksidin 0,2%. penggunaan obat kumur ini setiap 1-2 jam selama 2-3 menit, lalu dikeluarkan… jangan ditelan ya Guys !! hee 😀

Naaah cukup itu aja deh yg gua posting untuk saat ini….
ntar lanjut lagi….
kalo mau tau lebih detail., TANYA APOTEKER !! 🙂

NgoBatin Salesma N InfLuenZa …

postingan ini lanjutan yg kemaren guys..,kalo kemaren kita ngebahas mengenai perbedaan antara salesma dengan influenza, sekarang kita bakalan ngebahas mengenai cara mengatasinya/mengobati salesma n infuenza., 😉

pada umumnya gangguan2 yg disebabkan oleh salesma N influenza bisa sembuh sendirinya dlam waktu 4-6 hari., intinya ialah kita harus istirahat mutlak., yeaa kurang lebih 5 hari.,jangan keluar rumah, banyak minum air putih, hindari hawa dingin, kalo bisa se jangan mpe kemasukan angin. hanya dengan istirahat seperti itu tubuh dapat memiliki kesempatan untuk memperkuat sistem pertahanannya dan menghalau semua virus penyerbu.

Akan tetapi, seringkali keharusan istirahat tersebut tidak dapat dipenuhi berhubung kesibukan sehari-hari, misalnya ada yg lagi ngantor, skul, n bla bla bla 😀 . biasanya orang yg ngalamin salesma ato flu meneruskan aktivitasnya dengan bantuan obat peredam nyeri, sirup batuk. kibatnya
tubuh tidak sempat membina daya tangkisnya. karena itu flu dapat bertahan berminggu2 lamanya, sedangkan si pasien menjadi lebih peka terhadap infeksi baru oleh bakteri dengan akibat buruk seperti misalnya
radang paru2.

Bagaimana Mengobati Sendiri Gejalanya ??

ada catatan penting ni guys,..
bila keluhan2 terutama demam tinggi diatas 39-40 derajat Celsius, bertahan lebih lama dari 3-4 hari, sebaiknya jgn meneruskan pengobatan sendiri tetapi segera konsultasi ke Dokter (biar si dokter mendiagnosa nya 😉 ).

vitamin C, yeahh dengan memasukkan vitamin C ke dalam tubuh akan memperbaiki sistem perthanan tubuh itu sendiri. biasanya se dosis 1000 mg perhari… kalo dosis lebih tinggi ( lbh besar 1000 mg perhari., kasian tu ginjal ma hati 🙂 ).

hidung mampat dan pilek. Dengan penghirupan uap panas, suatu cara yg sederhana tetapi efektif untuk meringankan hidung mampat dan peradangan rongga dahi adalah menghirup uap air panas 2-3 kali sehari. caranya dapat dengan menuangkan 1,5 liter air mendidih kedalam sebuah bejana, lalu muka ditundukkan 15 cm diatas air dan kepala serta bejana diselubungi dengan sehelai handuk. kemudian uap disedot. be carefull guys… muka lo jgn mpe kebakar hee 😀 .

naah kali ini cukup sekian yaa….
next time we continued again…. 😉

Beda SaLeSma DenGan InflueNza ??

Akhir akhir ini banyak gua denger masyarakat kita terserang penyakit, ada yg kena influenza (Flu), batuk,…hummm,… mengapa ya ?? mungkin udah hukum alam.,setiap yang mempunyai jiwa pasti terkena sakit ( loh ?? ga nyambung ya ?? yang ada mah., setiap yang mempunyai jiwa pasti akan mati., itu yg bener hee ). dikalangan masyrakat awam ada yg bilang salesma itu influenza, nah Lo ??. sebenernya se itu beda, jgn salah artikan coy… 🙂

oke guys…
kali ini gua akan sedikit mencoret-coret blog gua dengan bahasan “beda ya salesma dengan influenza ??”

dari ilmu yang gua pelajari semenjak 4 taon yg lalu (baru-baru aja se 😀 ) di bangku kuliah.,salesma
dengan influenza memiliki perbedaan., menurut gua perbedaan itu terletak pada gejala yang ditimbulkan.. hemmm…

ni gua punya sedikit catatan kuliah gua mengenai bahasan kali ini (ternyata gua masih nyimpan ya ???., ya iyalah kan rajin ke ruang baca, waktu semester2 awal sih hee..)

salesma juga disebut “common cold”, merupakan iritasi atau peradangan dari selaput lendir hidung akibat “masuk angin” atau juga infeksi dai virus/bakteri. selaput lendir yang meradang memproduksi lebih banyak lendir dan mengembang, sehingga hidung menjadi tersumbat dan pernafasan jadi sulit., akibat nya ni ya guys, si penderita salesma mulai kena pilek berat, mata mengeluarkan banyak air, kepala merasa mampat, sedikit ada demam ringan. lendir ini ya guys, bisa menyebabkan batuk dan bersin.

naah itu tadi sedikit uraian apa itu salesma.,
lanjuuut ke Influenza….!!

Influenza, memperlihatkan gejala2 tersebut, TETAPI pada umumnya bersifat lebih berat..humm.. Virus yg cenderung sangat menular cenderung menyerang saluran pernafasan dan dapat menimbulkan radang bronki (bronkitis) dan radang paru2. Ciri infeksi ini ya guys, demam yang tinggi, nyeri otot dan persendian dengan rasa letih, terkadang mengenai bagian kepala dan tenggorokan, suara jadi serak, hilang nafsu makan. ada juga yg mengatakan bahwa terdapat juga gejala nyeri pada telinga, mual, muntah, dan diare… :O.

sudah mengerti kan perbedaanNya dimana ??? 😉